Perbedaan Antara Google dan Bing

Google dan Bing adalah sama-sama mesin pencari teks, gambar, video, referensi, dokumen-dokumen publik yang tersedia di dalam server web.

google vs bing

Google adalah salah satu mesin pencari web yang paling populer di seluruh penjuru dunia (baik kota besar maupun di kota kecil). Sedangkan Bing adalah mesin pencari web yang baru, karena dahulu Bing adalah Live Search. Dan di dalam banyak iklan, Bing hanyalah sebuah mesin pembuat keputusan (bukan mesin pencari web) yang pengembangnya juga dibawah pimpinan Microsoft.

Dilihat dari bahasa yang dipakai Google dan Bing. Google adalah mesin pencari yang mempunyai kurang lebih 123 bahasa hingga saat ini. Sedangkan Bing hanya memiliki 40 bahasa saja. Dalam artian ketika ada seseorang yang ingin mencari sesuatu di Bing dengan menggunakan bahasa yang tidak mendunia maka tidak akan muncul di Bing.

Ketika memakai Google untuk mencari sesuatu dengan kata yang salah maka akan keluar sebuah koreksi kata. Misalnya saya mencari kata “Tekno Jadoel”, maka Google akan mengkoreksi dengan kata “Tekno Jadul”. Begitu pula pada Bing, Bing juga sebenarnya memiliki fitur koreksi kata. Perbedaanya, Google ketika ada kata yang salah tidak akan memaksa si pencari untuk memakai kata yang disediakan dari Google. Sedangkan pada Bing, Bing lebih memaksa si pencari untuk menggunakan kata yang dikoreksi tersebut.

Google

Dilihat dari tampilan websitenya, Google terlihat lebih sederhana, simpel, mudah dipahami, enak dipandang karena hanya menggunakan background warna putih dan logo google di tengah dan tempat kata untuk mencari dibawah google. Sedangkan Bing, tampilanya terlalu mewah dan justru tidak enak bila dilihat oleh pengguna.

Bing

Fitur menu utama pada Google dan Bing tidaklah berbeda, sama-sama memiliki fitur menu utama : Maps, belanja, berita, buku, blog, diskusi, aplikasi, dan paten. Bedanya antara Google dan Bing pada fitur menu utama adalah saat sedang melakukan pencarian konten yang spesifik lebih mudah ketika menggunakan Bing.

Ketika sedang mencari gambar. Di Google menyediakan banyak sekali pilihan-pilihan gambar yang seperti apa, berbentuk apa, panjangnya berapa, lebarnya berapa, warnanya apa, dan lainnya. Waaww sangat lengkap. Sedangkan menggunakan Bing tidak selengkap kepunyaan Google.

Daftar kata yang ada di Google lebih banyak daripada Bing. Contohnya ketika sedang mencari kata “kodok” di kedua mesin pencari tersebut. Maka hasil yang muncul di Google akan jauh lebih banyak dibandingkan dengan Bing.


Jadi itulah perbedaan Google dan Bing. Akan tetapi, intinya tetap sama sebagai mesin pencari yang dikenal oleh banyak orang. Sebagai pengguna, saya selalu memberikan apresiasi yang sangat bagus untuk kedua mesing pencari tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar