Perbedaan Dari Masing-Masing Versi Windows 7

Windows 7 adalah sistem operasi yang resmi dirilis pada tanggal 22 oktober 2009. Beberapa orang pasti sudah sering mendengar tentang Windows 7, akan tetapi belum tahu pasti tentang macam-macam versi Windows 7 dan perbedaanya. Sampai saat ini Windows 7 sendiri memiliki beberapa versi, yaitu :

  • Windows 7 Starter.
  • Windows 7 Home Basic.
  • Windows 7 Home Premium.
  • Windows 7 Professional.
  • Windows 7 Enterprise.
  • Windows 7 Ultimate.

Dari beberapa versi Windows, pastilah memiliki perbedaan dari setiap masing-masing versinya. Maka dari itu saya akan menceritakan perbedaanya masing-masing.

Windows 7 Starter.
Windows 7 Starter adalah versi Windows 7 yang pertama kali dirilis. Windows 7 Starter memiliki tujuan konsumen pada seluruh dunia.

Pada windows 7 starter ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur, diantaranya : Taskbar, Jump list, Windows Media Player, Backup & restore, Action Center, Device Stage, Play to, Fax anda Scan dan Game sederhana.

Awal mula Windows ini dibatasi dengan kemampuan mampu menjalankan hanya 3 program saja dalam satu waktu. Namun pada akhirnya, Windows 7 Starter sudah mampu menjalankan beberapa program dalam satu waktu yang hanya dibatasi oleh kapasitas dari memorinya saja.

Windows 7 Starter hanya ada untuk edisi 32 bit. Dan dijual dengan harga sekitar $62.

Windows 7 Home Basic.
Windows 7 Home Basic ini hanya ditargetkan ke beberapa negara saja, seperti di Indonesia.

Windows 7 Home Basic sudah memiliki fitur seperti yang dimiliki oleh versi 7 Starter dan ditambahi beberapa fitur lainya, diantaranya adalah : Multiple monitor, fast user switching (berganti user), desktop wallpaper, desktop windows manager, network printing, internet connection sharing, sebagian windows aero.

Windows 7 Home Basic memiliki beberapa kekurangan : Tidak bisa membuat Homegroup baru, tidak disertakan DVD decoder ( MPEG-2 dan Dolby Digital), tanpa multi touch, premium games, Windows Media center, tidak ada Multi bahasa, dukungan Windows Aero tidak penuh.

Windows 7 Home Basic dijual dengan harga sekitar $100.

Windows 7 Home Premium.
Windows 7 Home Premium dijual ke seluruh negara.

Sesuai dengan fitur di Windows 7 Home Basic. Akan tetapi, ditambahi beberapa fitur lainya : Aero Glass, Aero Background, Windows Touch, Membuat Home group baru, Media Center, DVD Playback dan pembuatan, premium games dan Mobility Center.

Windows 7 Home Premium masih mempunyai beberapa kelemahan, diantaranya adalah : tidak bisa melakukan Domain join, Remote desktop host, backup dari jaringan, Encryption File System, Offline Folder.

Windows 7 Home Premium dijual dengan harga sekitar $125.

Windows 7 Professional.
Windows 7 Professional dijual diseluruh dunia, terutama untuk kalangan IT kelas menengah ke atas.

Windows ini sudah mempunyai fitur seperti fitur-fitur yang dimiliki oleh versi sebelumnya. Akan tetapi, memiliki sedikit tambahan fitur, yaitu : Windows XP Mode, Domain Join, Remote desktop host, location aware printing, mobility center, presentation mode, offline folder.

Namun, pada Windows 7 Professional masih memiliki beberap kekurangan, yaitu : tidak adanya BitLocker, BitLocker toGo, AppLocker, Direct Access, Branche Cache, MUI Language Pack, booting dari VHD.

Windows 7 Professional dijual dengan harga sekitar $160.

Windows 7 Enterprise.
Windows ini dijual ke seluruh negara, terutama untuk para pelanggan bisnis.

Windows 7 Enterprise sudah memiliki beberapa fitur, yaitu : BitLocker, BitLocker To Go, AppLocker, Direct Access, Branche Cache, MUI language packs, boot from VHD. Dan beberapa fitur lainya hampir sama dengan fitur yan ada di Windows 7 Ultimate.
Keterbatasan lisensi retail menjadi kekurangan pada Windows 7 Enterprise.

Pada versi Windows yang ini, saya belum tahu berapa harganya.

Windows 7 Ultimate.
Windows 7 Ultimate Edition mengandung semua versi Windows 7 Enterprise, tapi tidak seperti Windows 7 Enterprise, versi ini tersedia untuk para pengguna rumahan biasa dengan menggunakan lisensi individual. Windows 7 Home Premium dan Windows 7 Professional dapat saja meng-upgrade ke Windows 7 Ultimate dengan menggunakan Windows Anytime Upgrade, tentu saja dengan mengeluarkan biaya. Tidak seperti Windows Vista Ultimate yang menawarkan Ultimate Extras, Windows 7 Ultimate tidak menawarkannya.

Fitur utama yang dimiliki oleh Windows 7 Ultimate adalah : semua fitur windows 7 edisi sebelumnya, ditambah dengan BitLocker, BitLocker To Go, AppLocker, Direct Access, Branche Cache, MUI language packs, Enterprise Search Scopes, boot from VHD dan Virtual Desktop Infrastructure (VDI) enhancements.

Harga yang ditawarkan untuk bisa mendapatkan Windows 7 Ultimate adalah sekitar $210.

Posting Komentar

0 Komentar