Perbedaan Internet, Intranet, dan Ekstranet

Selamat siang sahabat agashi. Siang ini panas sekali cuacanya, padahal saya mau mengirim dokumen-dokumen penting ke seorang teman. Oh iya, kan ada internet yah, kenapa tidak dipakai aja internetnya ?.

Jaringan Internet


Internet adalah salah satu teknologi yang sudah banyak dibutuhkan oleh semua orang, baik kalangan bawah, menengah maupun kalangan atas. Dengan adanya internet ini memudahkan semua orang dalam berkomunikasi jarak jauh. Internet sudah banyak disediakan misalnya di handphone, warung internet, laptop, komputer, dll..

Hampir semua orang hanya mengerti tentang internet saja, padahal pada khusunya ada juga yang dinamakan intranet dan ekstranet. Mungkin untuk seorang IT istilah internet, intranet dan ekstranet sudah biasa mereka dengar dalam kehidupan sehari-hari. Namun bagaimana dengan orang-orang awam yang hanya mengerti tentang internet saja tanpa mengerti adanya perbedaan antara internet, intranet, dan ekstranet ?. Maka dari itu, kali ini saya akan mencoba membantu memecahkan masalah ini kepada orang-orang yang awam akan adanya teknologi internet, intranet, dan ekstranet.

Jaringan Internet

Interconnection Networking atau yang biasa disebut internet adalah jaringan komunikasi yang menghubungkan seluruh komputer di seluruh dunia, yang dihubungkan menggunakan teknologi system TCP/IP (Transmission Control Protokol/Internet Protokol). Agar jaringan internet ini bisa saling terhubung satu sama lain maka diharuskan terhubung dengan jaringan menggunakan Internet Service Provider.
Itulah sebabnya semua orang dapat berkomunikasi dan berbagi dokumen berupa teks, gambar, video, maupun yang lainnya dengan cepat tanpa harus berjalan langsung menuju tempat lokasi.

Internal Network atau yang biasa disebut dengan intranet pengertianya juga sama dengan internet, yaitu sebuah jaringan komunikasi yang bisa menghubungkan beberepa komputer. Perbedaanya adalah pada jangkauan yang bisa dijangkau oleh jaringan intranet.

Jangkauan dari intranet ini lebih sempit bila dibandingkan dengan internet. Misalnya, jaringan pada suatu perusahaan yang hanya dikhususkan untuk perusahaan itu saja tanpa bisa diketahui oleh orang lain. Dan bila perusahaan ini menginginkan orang lain bisa melihatnya, maka jaringan ini akan disebut dengan ekstranet.

Jaringan Intranet

Jaringan ekstranet adalah jaringan pada suatu perusahaan yang mempublikasikanya kepada khalayak umum, tapi data-data yang ada didalam perusahaan tersebut tidak dapat dirubah-rubah oleh khalayak umum. Sedangkan perusahaan tersebut masih bisa leluasa merubah isi data-data dari perusahaan.


Jadi pada intinya adalah, perbedaan antara internet, intranet, dan ekstranet adalah pada titik jangkauan yang bisa dijangkau oleh masing-masing jaringan.

Posting Komentar

0 Komentar