Perbedaan Hub Dan Switch


Dua benda ini hampir memiliki fungsi dan karakteristik yang sama. Segelintir orang belum tahu tentang apa itu perbedaan hub dan switch. Ya, mungkin karena dua benda ini sama-sama berfungsi untuk menghubungkan komputer satu ke komputer lainya di dalam sebuah jaringan.

Sebelum masuk ke dalam pembahasan tentang perbedaan hub dan Switch. Ada kalanya ketahui dahulu tentang masing-masing arti dari kedua benda itu.

1. HUB.

hub

Hub adalah perangkat keras yang berguna di dalam sebuah jaringan. Satu Hub sangat mempengaruhi semua koneksi. Karena, apabila HUB itu rusak maka semua koneksi akan terputus/terganggu.

Maka dapat dikatakan fungsi HUB adalah sebagai penerima sinyal dari sebuah komputer dan HUB ini sendiri merupakan titik pusat yang menghubungkan semua komputer di dalam sebuah jaringan. Jika HUB dilihat dari fungsinya maka akan mempunyai dua perbedaan yaitu :
  •  Hub Aktif berfungsi sebagai penghubung jalur secara fisik dan penguat sinyal dalam jaringan, Akan tetapi Hub aktif membutuhkan tenaga listrik tambahan untuk bisa bekerja.
  • Hub pasif merupakan hub yang berfungsi sebagai pemmisah atau pembagi jaringan, akan tetapi tidak melakukan penguatan sinyal sehingga hub ini tidak membutuhkan tenaga listrik tambahan.

2. SWITCH.

switch

Switch adalah sebuah perangkat keras jaringan komputer yang berfungsi menghubungkan HUB. Sehingga HUB dapat membentuk sebuah jaringan yang lebih luas lagi, dan bisa pula untuk menghubungkan komputer-komputer yang membutuhkan bandwith besar.

Jika dilihat dari model OSI, Switch terbagi menjadi dua :
  • Switch layer 3 berada pada Network layer pada lapisan model OSI dimana switch meneruskan paket  data menggunakan IP address. Switch layer 3 sering disebut switch routing atau switch multilayer.
  • Switch layer 2 beroperasi pada Data link layer pada lapisan model OSI dimana switch meneruskan paket dengan melihat MAC (media access control) tujuan, switch juga melakukan fungsi bridge antara segmen - segmen LAN karena switch mengirimkan paket data dengan cara melihat alamat yang dituju tanpa mengetahui protokol jaringan yang digunakan.

Dengan membaca tulisan diatas, dapat ditemukan sebuah perbedaan diatara kedua benda ini :

- Jika kita mempunyai jaringan yang lebih besar, maka lebih baik menggunakan Switch. Karena proses transfer rate dari Switch lebih besar daripada HUB.

- Dilihat dari informasi yang dikirim kepada mereka diproses :
  • Ketika data masuk ke HUB, HUB akan mengambil data tersebut dan mentransmisikany ke setiap komputer yang terhubung di dalam sebuah jaringan.
  • Ketika data masuk ke Switch, Switch akan menerima data tersebut dan hanya akan mengirimkannya ke komputer yang berkepentingan menerima data tersebut.
- Switch mempunyai kelebihan pada sistem keamananya, dimana aksi pencurian dapat ditahan dengan cara sniffer.
- Dan tentunya Switch lebih mahal daripada HUB.

Posting Komentar

0 Komentar