Perbedaan Komputer Jaman Dahulu Dan Komputer Jaman Sekarang



Komputer-komputer masa kini sudah mengalami masa perkembangan yang pesat jika dibandingkan dengan era-era jaman dahulu. Yang dulunya komputer hanya digunakan oleh kalangan-kalangan orang atas, tapi kini sudah hampir semua orang sudah memiliki komputer. Entah itu anak muda, tua, remaja, abg, lansia. Komputer ini dibutuhkan mereka dari yang hanya untuk berkomunikasi, mengerjakan tugas sekolah, mengerjakan tugas kantor, dll. Bahkan ada yang mempunyai komputer hanya sekedar punya-punya saja, walaupun dia tidak butuh komputer tapi karena dia punya banyak uang jadilah dia membeli komputer (buat sekedar pamer ke teman-teman).

OK. Langsung saja saya menuju ke topik pembahasan, yaitu Perbedaan Komputer Jaman Dahulu dan Jaman Sekarang.

1. Dilihat dari fungsinya.

fungsi komputer

Pertama kali komputer dibuat oleh Charles Babbage. Komputer yang dibuat olehnya bertujuan untuk keperluan militer semata. Tapi, sekarang komputer sudah mempunyai beberapa fungsi, diantaranya mengerjakan tugas, eksis di sosial media, dll.

2. Dilihat dari bentuk fisiknya.

komputer pertama di dunia

Dari tahun ke tahun bentuk fisik dari komputer semakin mengecil. Komputer pertama kali di dunia itu memerlukan ruangan yang cukup lebar, satu ruangan hanya bisa untuk satu komputer (seperti di gambar). Dan sekarang, komputer sudah bisa dipegang dalam genggaman tangan (seperti di gambar).

komputer di genggaman tangan

3. Dilihat dari kinerjanya.

Komputer jaman dahulu berisi 18.000 tabung vacum, sehingga hanya mampu melakukan 5000 operasi penambahan/detik. Komputer jaman sekarang sudah berisi IC yang mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa, sehingga mampu melakukan 1 milyar operasi/detik.

4. Dilihat dari besar teganganya.

Komputer jaman dahulu itu masih membutuhkan daya 140 Kwatt, padahal rata-rata daya listrik dirumah anda hanya 900 watt. Komputer jaman sekarang sudah tidak memerlukan daya sebesar itu, komputer jaman sekarang hanya memerlukan tegangan mulai dari 300 watt – 900 watt.

5. Komputer jaman dahulu hanya mampu mengerjakan satu program saja. Akan tetapi, komputer jaman sekarang sudah mampu mengerjakan beberapa proses dalam satu CPU, atau bisa disebut dengan istilah multitasking.

6. Dan masih banyak yang lainya.
Jadi, bisa disimpulkan bahwa konsep dari pengembangan komputer adalah memperkecil ukuran, namun memperbesar kinerja dan mempercepat kinerja.

Beruntunglah bagi anak-anak yang hidup di jaman sekarang. Karena sudah bisa menggunakan komputer dengan penuh fungsinya dibandingkan jaman dahulu yang harus menunggu proses pengeksekusian komputer yang lama, ditambah lagi harus menunggu satu proses selesai dahulu baru bisa mengerjakan proses yang lainya.

Posting Komentar

0 Komentar