Perbedaan Kabel UTP Dan Kabel STP



Pada kesempatan sebelumnya saya sudah pernah memposting artikel tentang PerbedaanAntara Jaringan LAN, MAN, dan WAN.

Jaringan Komputer adalah sekumpulan komputer atau sekumpulan perangkat komputer yang terhubung satu sama lain. Adapun cara penghubunganya bisa menggunakan media kabel ataupun tanpa kabel (wireless).

Dilihat dari besarnya atau luasnya jangkauan yang bisa jangkau oleh jaringan komputer terbagi menjadi 3 yaitu : Jaringan LAN, Jaringan MAN, Jaringan WAN. Apabila anda ingin mengetahui secara lengkap tentang masing-masing jaringan tersebut silahkan klik disini.

Didalam pemasangan sebuah jaringan komputer diperlukan adanya teknik pengkabelan, agar antar komputer atau perangkat komputer tersebut bisa saling berhubungan satu sama lain. Dua diantara kabel yang sering dipakai ada kabel UTP dan Kabel STP. Pada dua jenis kabel ini mempunyai perbedaan yang bisa dilihat dari material kabel dan bahan yang dibutuhkan untuk membungkus kabel.

Untuk kabel UTP material logam maupun isolator lebih lunak pun material pembungkusnya juga lunak. Lain halnya dengan kabel UTP, kabel STP mempunyai material logam yang lebih keras dan secara ukuran lebih besar sedikit. isolatornya pun lebih keras. Sehingga kerap sekali ketika melakukan proses crimping, akan menguras tenaga dan melecetkan sedikit bagian dari tangan. Akan tetapi, pada kabel STP ini mempunyai 3 lapisan material pembungkus, yang pertama terdapat pembungkus plastik bening yang tipis. Yang kedua, aluminium foil dan ada satu kawat yang berfungsi sebagai ground. Dan untuk lapisan pembungkus lumayan sedikit mirip dengan kabel UTP, bedanya pada kabel STP lebih tebal dan liat. Warna pada pembungkus kabel STP tidak seperti kabel UTP yang berwarna abu-abu, tapi berwarna putih.
 
kabel stp
kabel STP
kabel utp
kabel UTP
Konektor pada kabel UTP lebih cepat mengalami korosi daripada kabel STP. Itulah sebabnya harga dari konektor kabel STP jauh lebih mahal daripada kabel UTP.
 
konektor kabel stp
konektor kabel STP
konektor kabel UTP
konektor kabel UTP

Jika dilihat dari gambar yang sudah saya cantumkan di artikel ini. Terlihat jelas bahwa kabel STP dilapisin aluminium foil pada masing-masing kabel, sedangkan pada kabel UTP dibiarkan terbuka tanpa adanya aluminium foil.

Dan dari penjelasan diatas bisa saya simpulkan bahwa penggunaan kabel STP pada jaringan LAN lebih bagus daripada menggunakan kabel UTP.

Posting Komentar

0 Komentar