Jenis-Jenis Printer Dan Perbedaanya

Printer adalah salah satu hardware komputer yang bisa menjadi alat output maupun alat input. Di saat komputer digunakan untuk mencetak dokumen, maka saat itulah printer menjadi alat output. Tapi, jika printer sedang digunakan untuk menscan dokumen untuk disimpan di dalam komputer, maka saat itu pulalah printer menjadi alat input.

Sebelum menggunakan printer dengan merk apapun. Maka, ada software yang harus diinstal terlebih dahulu ke dalam komputer, agar komputer dapat mengenali jenis printer apa yang akan digunakan.

Didalam dunia printer ada beberapa jenis printer yang sering dipakai oleh masyarakat umum. Akan tetapi, secara garis besar printer dapat terbagi menjadi 3, yaitu :

1. Printer Dot Matrix.
Printer Dot Matrix
Printer ini menggunakan sebuah pita sebagai alat untuk mencetak. Jenis printer ini biasanya menghentakkan tinta di atas karbon untuk membentuk karakter di kertas. Hasil dari printer ini biasanya lumayan kasar, dan tidak mempunyai variasi warna yang banyak.

Ketika printer ini digunakan, maka akan keluar suara yang sangat bising yang dapat menggangu proses komunikasi orang-orang yang ada di sekitar komputer, gerakanya dalam mencetak dokumen pun menjadi suatu kendala. Dan printer ini biasanya digunakan untuk mencetak slip gaji dan wartel.

Kekurangan yang lainnya adalah printer ini tidak dapat mencetak gambar dengan hasil yang bagus.

2. Printer Inkjet.
Printer Inkjet
Printer inilah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat umum. Printer Inkjet menggunakan tinta sebagai alat untuk mencetak dokumen ke atas kertas.

Printer ini memiki varian yang lebih banyak ketimbang printer jenis dot matrix, sehingga dapa mencetak gambar dengan hasil yang bagus. Kecepatan mencetak pada printer inipun lebih cepat daripada printer dotmatrix.

Perawatan printer ini cukup mudah, tapi sulit. Karena, jika printer ini tidak pernah dipakai maka tinta yang ada didalam cartrige maka akan kering dan jika printer ini terlalu sering dipakai maka tempat cartridge untuk mengeluarkan tinta akan bocor. Jadi solusinya, pakailah printer ini minimal satu dokumen dalam satu hari dan jangan pernah mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak pada waktu yang bersamaan karena akan merusak printer.

3. Printer Laser Jet.
Printer Laserjet
Printer jenis inilah yang menjadi printer yang berkualitas paling bagus ketimbang jenis-jenis printer yang lainya. Printer ini menggunakan bubuk toner untuk mencetak tulisan di atas kertas, dan infra merahlah yang digunakan untuk membantu dalam mencetak dokumen.

Printer ini mampu mencetak dokumen maupun gambar dengan hasil yang sangat bagus. Kecepatan dalam mencetak pun tergolong yang paling cepat daripada printer yang lainya. Sangat cocok untuk anda yang biasa mencetak dokumen dengan jumlah yang sangat banyak pada waktu yang bersamaan.


Karena printer ini adalah printer yang paling berkualitas, maka cara perawatan printer inipun tidak cukup sulit. Kesulitan yang ditemukan dalam printer ini hanyalah pada cara mengisi ulang bubuk yang ada di dalam tabung printer, anda bisa membawanya ke tukan service printer agar tidak terjadi kerusakan pada printer anda jika anda ingin mengisi ulangnya.


Jenis-jenis pada port printer juga berbeda-beda, ada empat yaitu :
  • Port USB.

Port USB
  • Firewire.

Firewire
  • SCSI.

Port SCSI
  • Pararel.

Pararel

Posting Komentar

0 Komentar