Macam-macam Energi dan Perbedaannya

Macam-macam Energi dan Perbedaannya - Energi merupakan suatu zat yang diperlukan oleh benda apapun untuk memberikan suplai daya agar benda tersebut dapat bergerak. Akhir-akhir ini, perkembangan teknologi sangat pesat. Mulai dari gadget, maupun barang elektronik yang lainnya. Adapun semua teknologi tersebut tentu saja membutuhkan suplai daya (energi) agar dapat digunakan sebagaimana fungsinya dengan baik.

Lalu, energi macam apa yang digunakan pada masing-masing benda? Yaitu, ada energi kimia, energi listrik, energi potensial, energi cahaya, energi panas, energi kinetik, energi bunyi. Nah, apa saja perbedaan dari masing-masing energi tersebut? Berikut ini ada beberapa ulasan lengkap tentang perbedaan dari masing-masing energi tersebut diatas.

energi

Energi Kimia

Energi kimia ini berasal dari terdapat pada bahan-bahan kimia, yaitu seperti aki, baterai, ataupun bahan bakar lainnya. Energi kimia ini diperlukan untuk menghasilkan energi listrik pada beberapa benda.

Energi Listrik

Semua barang benda yang bergerak ataupun menyala seperti lampu listrik, kipas angin, pompa air, atau setrika lisrik adalah benda-benda yang memiliki energi listrik yang berasal dari energi kimia.

Energi Potensial

Energi potensial dimiliki oleh semua benda yang memiliki pegas yang apabila pegasnya ditekan ataupun digerakkan, seperti contohnya energi potensial pada per yang teregang, ketapel, ataupun busur anah panah yang teregang.

Energi Cahaya

Lensa cembung yang terkena cahaya seperti lampu atau matahari yang diteruskan kepada selembar kertas ataupun selambar kapas, maka kapas atau kertas tersebut akan terbakar. Itulah yang dinamakan sebagai energi cahaya yang mampu memanaskan kapas atau kertas hingga terbakar.

Energi Panas

Energi panas dimiliki oleh semua benda yang memiliki daya suhu yang panas, seperti benda-benda yang terbakat, dan kebakarannya itu disebut dengan kalor.

Energi Kinetik

Semua benda yang dapat bergerak maka mempunyai energi kinetik, seperti gerakan pada kipas angin, dinamo sepeda atau benda yang lainnya. 

Energi Bunyi

Energi bunyi adalah energi yang timbul akibat dari semua benda yang memiliki gerak dan bunyi, entah itu bunyi yang kecil suaranya ataupun besar suaranya, contohnya bunyi dari sepeda motor, bunyi dari jari-jari orang yang sedang mengetik di keyboard laptop.

Demikianlah itu dari macam-macam energi yang ada di dunia ini. Jadi dapat kita simpulkan bahwa energi adalah hasil dari benda-benda yang bergerak. Dengan adanya gerakan dari kipas, maka kipas tersebut bisa menghasilkan energi kinetik. Semoga artikel kali ini bermanfaat, Saya ucapkan terimakasih karena sudah mau mengunjungi blog ini, dan Saya juga mengucapkan maaf bila ada kesalahan pada blog ini.

Posting Komentar

0 Komentar