Suatu organisasi pasti memiliki visi dan misi. Tidak jarang kita temui di suatu ruang kerja terdapat pajangan visi dan misi yang di bingkai rapi. Di sekolah-sekolah juga biasa terpampang visi dan misi di gerbang supaya mudah dibaca. Visi dan misi menunjukan gambaran kemana suatu organisasi akan diarahkan dan hasil apa yang ingin dicapai.
Karena sifatnya yang universal tidak hanya suatu organisasi seperti perusahaan, sekolah, koperasi, LSM tetapi individu juga perlu memiliki visi dan misi.
Pengertian Visi
Visi merupakan tujuan jangka panjang yang ingin di capai seseorang ataupun lebaga organisasi. Visi dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan tersebut pada masa yang akan datang tidak pada masa sekarang. Visi tidak dapat dituliskan secara detail karena menerangkan mengenai gabaran umum tentang apa yang ingin digapai. Visi dibuat sedemikian rupa karena visi menyesuaikan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi dalam kurun waktu yang lama.
Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam membuat sebuah visi, adapun syarat tersebut anatara lain:
- Berorientasi ke masa yang akan datang.
- Tidak dibuat hanya karena kondisi yang sedang terjadi dimasa sekarang.
- Sebagai wujud ekspresi dari kreatifitas kita.
- Memiliki prinsip dasar yang berasal dari nilai-nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat sekitarnya.
Pengertian Misi
Misi merupakan seuatu yang harus dilakukan agar visi –visi yang dibuat dapat terwujud. Misi perusahaan merupakan tujuan dan latar belakang sebuah perusahaan tersebut dibuat. Misi di ciptakan untuk memberikan arah dan batasan dalam proses pencapaian sebuah tujuan. Misi haruslah singkro dengan visi yang dibuat. Maka sebelum mebuat misi maka terlebih dahulu membuat visi. Misi pula harus dapat dilakukan segera, karena misi merupakan arah berjalannya suatu perusahaan.
Perbedaan antara visi dan misi
Visi adalah “what be believe we can be”
Visi merupakan gambaran masa depan mau jadi apa lembaga kita. Menentukan visi berarti menentukan tujuan dan cita-cita yang ingin dicapai
Dalam menentukan visi hendaknya memenuhi persyaratan:
- Tidak berdasarkan kondisi saat ini
- Berorientasi ke depan
- Mengekspresikan kreatifitas
- Berdasar pada prinsip nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat
Misi adalah “what be believe we can do”
Misi adalah apa yang bisa dilakukan untuk mencapai gambaran masa depan (visi). Misi merupakan langkah-langkah dan strategi apa untuk mencapai visi kita.
Kadangkala misi perlu dirubah sedemikian rupa apabila visi belum tercapai. Jadi bukan visinya yang dirubah hanya cara-caranya mencapai tujuan yang dirubah. Apabila visi berubah-ubah maka akan terkesan tidak konsisten gambaran masa depan tentang organisasi tersebut.
Contoh-Contoh Visi dan Misi
Contoh Visi adalah:
Menjadikan SMA Negeri 2 Bantaeng sebagai SMA No. 1 Di Indonesia.
Contoh Misi adalah:
- Menimbulkan dan meningkatkan seluruh siswa untuk rajin, disiplin, dan aktif.
- Menimbulkan dan meningkatkan minat seluruh siswa untuk membaca dan belajar
- Menumbuhkan kesadaran seluruh siswa untuk perlunya kerja keras atau proses mengejar cita-cita
- Menciptakan kesadaran seluruh siswa tak kenal menyerah dan terus berusaha untuk menjadi pintar dan cerdas
- Membangun karakter-karakter sesuai dengan ideologi pancasila
- Membangun karakter-karakter penerus bangsa dan siap bertarung kancah Internasional
- Menimbulkan dan meningkatkan minat seluruh siswa untuk mencintai lingkungan
- Menimbulkan dan meningkatkan kesadaran seluruh siswa untuk selalu hidup bersih
0 Komentar