Tipe-Tipe Mouse Dan Perbedaanya

Mouse yang saya bahas kali ini bukanlah mouse dalam artian “seekor tikus”. Tapi mouse yang difungsikan sebagai peripheral komputer. Saya juga kurang paham kenapa peripheral komputer yang satu ini diberi nama “mouse”, mungkin karena bentuknya yang menyerupai seekor tikus, dan kabel yang menyerupai sehelai ekor tikus yang panjang yang menancap ke lubang USB pada komputer.

Mouse merupakan suatu peralatan komputer yang berfungsi untuk menggerakan kursor pada layar monitor sehingga tampak lebih jelas untuk menunjukan yang akan ditampilkan dengan menekan fungsi klik dibagian mouse.

Sebenarnya tanpa menggunakan mouse, masih bisa saja menunjukan dan memilih pilihan-pilihan yang akan dipilih di dalam komputer menggunakan keyboard. Akan tetapi, masih banyak yang belum tahu semua tombol kombinasi yang bisa dipakai keyboard layaknya mouse.

Seiring berkembangnya komputer, mouse mengembangkan dirinya pula menjadi 3 tipe, yaitu :

1. Mekanik Mouse.
mekanik mouse

Mekanik mouse adalah jenis mouse yang pertama kali muncul. Di dalam mekanik mouse ini masih menggunakan “ball”sebagai alat penggerak kursor. Mouse ini lebih rentan rusak, dan beban yang diperlukan untuk mouse ini juga lebih berat daripada mouse yang lain.

2. Optikal Mouse.
optical mouse

Optikal Mouse adalah jenis mouse yang muncul setelah mouse mekanik dirasa terlalu merugikan. Karena hampir setiap bulan mouse mekanik harus diganti dengan mouse mekanik yang baru.
Pada optikal mouse ini sudah menggunakan sensor laser sebagai penggerak kursor.

3. Wireless Mouse.
wireless mouse

Wireless mouse adalah mouse yang keluaran paling baru. Penggerak kursor pada mouse ini masih sama seperti optikal mouse. Akan tetapi, sensor laser pada wireless mouse ini ada yang sudah bisa digerakkan di atas kaca. Berbeda dengan optikal mouse, optikal mouse belum mampu berjalan di atas kaca.


Sesuai dengan namanya. Wireless mouse sudah menggunakan teknologi nirkabel (atau tanpa kabel). Mouse ini mouse yang paling fleksibel, karena sang pemakai sudah tidak terlalu diribetkan dengan kabel yang panjang untuk bisa masuk ke dalam port usb komputer. Biasanya, mouse wireless ini mampu digerakkan dengan jarak 3m dari mouse ke komputer.

Posting Komentar

0 Komentar