Perbedaan Jaringan Komputer LAN, MAN, dan WAN



Jaringan Komputer adalah sekumpulan komputer atau sekumpulan perangkat komputer yang terhubung satu sama lain. Adapun cara penghubunganya bisa menggunakan media kabel ataupun tanpa kabel (wireless).

Tujuan Jaringan Komputer adalah agar bisa berbagi sumber daya komputer/sumber daya perangkat komputer misalnya berbagi printer, antara komputer yang satu dengan yang lain menjadi bisa berkomunikasi walaupun dengan jarak yang jauh, dapat mengetahui informasi-informasi komputer lain walaupun dengan jarak yang jauh juga.
Setiap komputer atau perangkat-perangkat komputer yang terhubung di dalam suatu jaringan bisa juga disebut dengan node, dalam sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, tiga, sepuluh, bahkan ratusan node.

Menurut luasnya, Jaringan Komputer dapat terbagi menjadi 3 bagian, yaitu : Jaringan LAN, Jaringan MAN, Jaringan WAN. Dari ketiga jenis jaringan komputer tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Silahkan simak tulisan berikut ini.

Jaringan LAN (Local Area Network). Jaringan LAN adalah jaringan milik pribadi yang jangkauanya hanya sampai beberapa kilometer saja, contohnya jaringan LAN yang ada didalam sebuah gedung, kampus, sekolah, kantor, dll.
Jaringan LAN

Jaringan MAN (Metropolitan Area Network). Jaringan MAN adalah suatu jaringan yang cakupanya bisa sampai antar kota. Dalam artian, dapat mengkoneksikan beberapa komputer didalam beberapa gedung menjadi satu kesatuan yang sehingga dapat berbagi resource (monitor, data, printer, dll). Kecepatan transfer data pada jaringan MAN lebih cepat daripada jaringan LAN.
Jaringan MAN

Jaringan WAN (Wide Area Network). Jaringan WAN adalah suatu jaringan yang menghubungkan jaringan komputer yang jaraknya bisa mencapai antar provinsi. Bahkan, bisa melintasi sampai daerah geographic/dunia. Ada beberapa Teknologi Jaringan WAN saat ini yang bisa kita gunakan. Berbeda dengan jaringan LAN, ada perbedaan utama antara keduanya dimana terletak pada jarak yang memisahkan jaringan-2 yang terhubung tersebut. WAN menggunakan media transmisi yang berbeda, maupun hardware dan protocol yang berbeda pula dengan LAN. Data transfer rate dalam komunikasi WAN umumnya jauh lebih rendah dibanding LAN.
Jaringan WAN

Itulah sedikit perbedaan dari masing-masing Jaringan Komputer yang baru bisa saya sampaikan dalam pertemuan ini.

Posting Komentar

0 Komentar